Sabtu, 07 Juni 2014

Virus Rubella

Virus campak / virus rubella adalah virus RNA beruntai tunggal, dari keluarga Paramyxovirus dari genus Morbillivirus. Virus campak hanya menginfeksi manusia, dimana virus campak ini tidak aktif oleh panas, vahaya, pH asam dan enzim. Virus ini memiliki kelangsungan hidup singkat di udara atau pada benda dan permukaan.

Virus Rubella adalah virus yang menyebabkan terjadinya campak jerman yang menyerang anak-anak, orang dewasa termasuk ibu hamil. Virus rubella dapat menyerang syaraf atau otak yang kemudian menyerang kulit yang ditandai dengan timbulnya bercak merah seperti campak biasa.

Virus rubella bisa menular melalui dahak penderita yang masuk ke tubuh orang lain, melalui cairan keringat tetapi jika daya tahan tubuh kuat maka virus tersebut akan mati. Namun sebaliknya jika daya tahan tubuh yang lemah maka virus akan mudah menular. Virus rubella akan berkembang biak dalam sel sel yang melapisi bagian belakang tenggorokan dan hidung.

Efek yang ditimbulkan virus rubela adalah demam yang berkepanjangan dengan suhu yang tidak tinggi, flu, pusing-pusing, mual, lemah, nyeri otot, dan menimbulkan bercak merah pada kulit. Pada umumnya, bercak merah yang ditimbulkan berawal dari wajah, kemudian menyebar ke seluruh tubuh.  Kelenjar getah bening yang terletak di belakang telinga (poustauricula), tengkuk (subbocipital), dan leher (cervical) akan membesar.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Virus_Rubela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar