Sabtu, 10 Mei 2014

MANFAAT MAKAN SAYUR DAN BAHAYA MAKAN SAYUR YANG BERLEBIHAN





Sayur memang kaya akan vitamin, mineral dan serat yang semuanya penting untuk diet sehat. Peneletian juga menunjukkan bahwa semakin banyak makan sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit.
Makan sayuran merupakkan sebuah keharusan bagi yang sadar akan pentingnya kesehtan, karena tidak semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ada pada produksi hewani. Akan tetapi manusia juga masih perlu mengkonsumsi produk hewani dengan alasan yang sama. Tubuh juga memerlukan banyak protein dan asam lemak, dan ini yang banyak ditemukan dari sumber hewan.
Manfaat makan buah dan sayuran yaitu :


  1. Bergizi tinggi tetapi rendah lemak
  2. Sumber terbesar zat antioksidan
  3. Sumber serat tinggi
  4. Mencegah dari kegemukan


Namun selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terlalu banyak mengkonsumsi sayuran juga berbahaya, ada beberapa jenis sayuran yang jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan,

Sawi Hijau
Bagi penderita ginjal, tidak dianjurkan makan sawi hijau ini dikarenkan akan terjadi pembentukan batu oxalat pada ginjal yang akan memperparah keadaan ginjal.

Wortel
Apabila dikonsusmsi terlalu banyak akan menimbulkan penyakit Hypervitaminosis A, dengan gejala-gejala warna kulit dan putih mata menjadi kuning, mual, muntah, hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, rambut rontok, sensitif terhadap sinar matahari dan dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Bayam
Apabila sayur bayam yang sudh dimasak dipanaskan kembali, maka akan terjadi oksidasi zat yang ada pada bayam terutama Fe, Nitrat yang menyebabkan keracunan pada tubuh
Penderita asam urat, sakit ginjal tidak diperkenankan makan sayur bayam, dikarenakan akan memperparah penyakit yang dideritanya.



Tulisan ini saya buat dengan membaca dari beberapa sumber 
semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar